Kamis, 03 November 2016

Sharing file menggunakan kabel LAN (CROSS)

Cara Sharing File Menggunakan Kabel LAN (Cross)


Sharing file adalah sebuah kegiatan untuk melakukan pertukaran data melalui akses jaringan dimana kita membutuhkan sebuah perangkat untuk menghubungkan akses jaringan satu ke akses jaringan yang lainnya sehingga kita bisa saling bertukar file. Waktu itu saya pernah bertukar file Operating System Windows dengan teman saya dan kebetulan saat itu teman saya memiliki perangkat penghubung akses data yaitu kabel LAN yang dibuat sewaktu peraktek dan saya mempunyai inisiatif kalo cara ini dibagikan mungkin akan lebih bermanfaat untuk yang belum mengetahuinya. Langsung aja, berikut adalah cara melakukan pertukaran/berbagi file menggunakan kabel LAN bertipe Cross.

1. Masukan dulu perangkat penghubung jaringan atau kabel LAN dari laptop kita ke laptop teman kita.

2. Jika kita ingin meminta data dari laptop/komputer teman silahkan cek terlebih dahulu alamat IP dari teman anda. Untuk mengecek alamat IP bisa menggunakan perintah IPCONFIG pada Command Prompt.

3. Apabila sudah mengetahui alamat IP teman kita, silahkan Ping alamat IP tersebut pada Command Prompt.

Contoh IP:


3. Setelah selesai melakukan Ping alamat IP, maka Laptop anda dan Laptop teman anda sudah terhubung (Pastikan alamat IP teman anda sudah benar saat melakukan Ping).

4. Pada bagian ini, laptop teman andalah yang harus di operasikan. Pilih folder yang berisikan file yang anda minta pada laptop teman anda, lalu klik kanan, pilih Share With, pilih Specific People.


5. Pilih type name yang akan dishare, Pilih Add.
 

6. Setelah itu type nama akan tampil dikolom yang sudah disediakan, double klik pada type nama yang sudah dimasukan.


7. Maka akan ada pilihan Read dan Read/Write

Penjelasan:
*Read: Teman kita akan share file tetapi hanya sebatas kita lihat saja
*Read/Write: Teman kita akan share file dan kita bisa mengambil, melihat dan bahkan membuat file baru.

8. Kembali lagi ke laptop kita, Pilih menu Document(Letaknya dibagian kiri), lalu pilih menu Network. jika langkah-langkah diatas sudah benar maka biasanya akan muncul type name file yang telah dishare oleh laptop teman kita.


Pada tahapan ini kita telah berhasil bertukar file dengan teman kita menggunakan kabel LAN. Apabila kurang mengerti dari artikel ini bisa ditanyakan langsung lewat komentar :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar